Monday 7 October 2013

Menyusui itu perjuangan

Yuhuu Aurell udah 5 bulan, itu artinya 1 bulan lagi ‘seharusnya’ lulus S1 ASIX..tapiiii ada hal yg bikin aku sedih, soalnya Au kagak lulus,huaaaa… *nangiskejer
Maapkan emakmu ini ya Au..karena emakmu ini melewati banyak sekali halang rintang yang hanya membuat Au 90% ASIX.

Gini nih… dulu sebelum lairan aku udah belajar, mendalami tentang per-ASI-an. Aku ngeprint artikel ini itu untuk persiapan Asix, sampe aku buatkan kliping segala.. aku juga udah ngomong ke orang2 di sekitarku tentang keinginanku untuk asix. Persiapan secara teori udah oke lah yaa..terus saat aku kontrol di bubid, aku selalu ngomong klo minta di IMD, bubid bilang oke klo kondisi ibu bagus n memungkinkan.

Jreengggg…hari persalinan tiba…perut udah mules2 udah kagak tahan, rasanya udah mau boker. Jam 22.30 aku sampe di TKP, dan jam 23.00 lahirlah malaikat kecilku yg bernama Aurell…
Lahirannya berjalan sangat lancar, aku juga fine2 aja. Rasa capek n sakit cuma gitu2 ajah, tp bikin kesadaranku rada menurun, jadinya aku rada nge-blank coz kecapekan..



Bayiku aku pikir cuma dilap trus dibalikin ke aku buat proses IMD, tapi ini bayi guweh dibawa kemana buk, lama amat kagak balik2?? Hikz… sedihnya aku, setelah aku selesai dijahit (lebih tepatnya diobras) si baby dikembalikan ke aku dalam keadaan bersih, sudah pake baju lengkap n dibedong. Huaaaa…gagal IMD mamen…

Setelah balik ke kamar, aku seneng banget tuh bisa ketemu malaikat kecilku, aku dekap dia, trus aku belajar menyusui. Omigod, asi-ku gak keluar..padahal selama hamil aku rajin massage n bersihin puting. Sambil belajar menyusui, aku nglirik di meja kamar, ternyata sudah disiapkan sesuatu buatku.Taraa…this is it..sufor dalam dot!

Aku udah tau kalo bayi itu bisa bertahan hidup kurleb 72 jam tanpa susu/asupan makanan. Aku udah paham teori itu, tapi pertahananku jebol juga saat Au nangis coz ngisep2 putingku tp asinya gak keluar. Orang2 sekitar yang tau hal itu langsung minta aku buat segera kasih dot dan diminumkan ke dia…hufft..trus kemana ilmu-ku yang selama ini aku pelajari? Gagal IMD dan kasih sufor+dot. Hikz.. Sedih juga klo inget masa2 itu,,huhuhuhu…

Selama 2 hari aku terus belajar menyusui, melewati proses stress dan mewek2 karena gak kunjung keluar. Aku terus berikan PDku ke dia, tiap dia mulai ngamuk karena asiku belum keluar aku sodorkan dot, begitu terus, sampai lamaaa sekali dia menghisap putingku, baru aku tau ternyata asiku sudah keluar dan Aurell mulai minum dariku langsung…thx God. Semejak hari ke-3 itulah Aurell resmi full asi, yeay…

Tapi perjalananku gak semulus yang aku bayangkan. Aku pikir menyusui itu gampang banget, tinggal gendong trus sodorin PD ke baby trus dia nenen, dah gitu aja.. ternyata jadi busui emang selalu punya cerita tersendiri.. Aku ngerasa kok ni puting perih2 gimana gitu, tapi aku tetep terus menyusui Aurell. Lama2 kok putingku lecet, berdarah, brocel, luka parah, sakittt minta ampun…jujur aja aku sempet babyblouse, denger Aurell nangis karena lapar, makin stress akunya. Tambah kenceng dia nangis, tambah ciut nyaliku untuk menyusui dia. Tiap dia mulai nemuin PDku, clepp…haaaa mamaaa sakit bgt, hiks hiks… sering aku nangis soalnya gak kuat banget nahan sakitnya. Tulang2ku sampe linu semua, kepalaku rasanya cenut2, komplit banget deh rasanya…
Aku cari2 info, emang hampir semua ibu pernah merasakan yg namanya sakit saat awal2 menyusui, karena lidah bayi masih kasar n karena posisi pelekatan yg buruk.

Perjuanganku gak akan berhenti sampai sini, aku harus terus beri Asi untuk anakku. Dengan tekad itulah aku hubungi Mba Titik, konselor laktasi dari AIMI. Mba Titik baik banget, dia home visit ke rumahku, ngajari aku posisi pelekatan yg baik, baik teori n praktek langsung dg Aurell.
Sipp deh, posisi pelekatan udah oke, eh tapi ni kok masih lecet juga, padahal posisi udah baik, sudah mengoleskan asi tiap sebelum n setelah nenen jg. Aku putuskan untuk mengistirahatkan 1 PDku, lalu aku oleskan salep Kamilosan.

Saat masalah perlecetan belum selesai, di minggu ketiga aku jatuh sakit. Selama 26 tahun hidup paling banter cuma sakit flu n masuk angin, tapi saat itu badanku panas tinggi sampai 39 dercel, aku cek lab dan ternyata kena thypus. Yaahhh mungkin ini waktuku untuk istirahat. Selama 5 hari aku opname di RS. Sedih pisan euy harus pisah dari Aurell. Sebelum aku opname, aku bilang sama dokter n perawat di sana bahwa aku ini masih menyusui, jadi aku minta diberi obat dosis rendah yg aman untuk busui.
Karena Aurell stay di rumah, aku gak bisa menyusui langsung jadi aku harus memerah asi. Yang namanya lagi sakit, kondisi badan lg drop, lemes lagi, tapi aku harus tetap memerah. Itulah perjuangan seorang ibu.
Walaupun sampe ngepot2 aku memerah, asipku ternyata tidak mencukupi kebutuhan Aurell, dengan berat hati Aurell minum sufor lagi.

Bener deh perjalananku emang gak mulus…Saat aku dalam masa pemulihan, asiku berkurang drastis, tp aku konsumsi vitamin n makanan2 berserat dg harapan asiku bisa deras lagi. Mana ni masalah lecet belum kelar juga. Saat aku mulai ‘memberanikan diri’ untuk menyusui, aku mengalami yg namanya mastitis *tepokjidat *apalagiini
Jadi saat aku coba pompa, asipku berwarna kemerahan, bercampur darah. PDku mulai membengkak dan mengeras, aku pompa dan susukan tp masih juga keras dan sakit bgt. Badanku mulai meriang. Kata orang tua ini namanya ngrakkak’i. Istilah kedokterannya mastitis, itu karena putingku luka, sehingga bakteri masuk n menyebabkan infeksi, jadilah PDku meradang.
Aku periksa ke dokter dan diberi salep n antibiotik. Tau gak buibu, aku pikir salepnya seperti yg dulu2 yg untuk luka puting, tp ini salepnya Bioplacenton, salep luka bakar.
Aku rutin pakai salep itu, dan voilaa kurleb 1 mingguan putingku mulai sembuh. Menyusui perlahan udah gak perih lagi. Bener2 happy breastfeeding *jingkrak2

Perjalananku belum selesai…
Aku hanya cuti 1,5 bulan dan halang rintang selama cuti membuat aku kagak punya stok asip. Itulah yang membuat aku menjadi penganut paham kejar tayang. Kondisi ibu n mood tidak menentu juga faktor jam pumping yang kadang berantakan bikin stok asip kembang kempis.

Masalah datang lagi…Aurell mengalami yang namanya bingput alias bingung puting. Emang dot itu tidak direkomendasikan sebagai media pemberian asip, seharusnya pake cupfeeder, sendok, atau cangkir. Tapi karena kesalahan di awal udah kasih dot n karena kurang telatennya yang memberikan asip, jadilah Au pengguna dot. Saat aku mulai kerja, otomatis 8 jam Au minum dari dot, karena itulah Au jadi bingput.
Stress banget saat Au aku gendong dan dia mulai lapar, aku sodorkan PDku tp dia menolak, dia nangis n berontak, ngamuk sengamuk2nya. Karena udah stress n Au udah tampak sangat lapar, diberilah dot dan cep…Au langsung ngenyot dot dengan kuat. dia bingput, dia lebih pilih dot daripada aku,hikz…cemburuuuu…
Selama 1 minggu begitu terus, dia aku training, ngamuk terus tapi tetep aja aku tempelkan PDku, lama2 mungkin karena kecapekan dia luluh juga, dia mau nenen aku lagi,ha..ha..ha…

Yah bagaimanapun aku, semua yang terjadi dalam masa menyusui ini, walau aku belum bisa sempurna, belum bisa memberikan 100% asi, tp boleh donk aku bangga karena perjuanganku sampai detik ini aku masih ngAsi. Walau gak pernah punya stok asip hingga berpuluh2 atau beratus2, tapi aku masih bisa terus memberi asip saat aku kerja. Berapapun hasilnya tetap bersyukur...Terima kasih Tuhan aku masih bisa menyusui anakku.
Finally perjuangan mama masih panjanggg…semoga mama terus bisa berikan yang terbaik untuk Au sayang.
Happy breastfeeding ^_____^

No comments:

Post a Comment