Saturday 9 November 2013

Awal Mpasi

3 November 2013, 180 hari usia Aurell, dan itu tandanya Aurell sudah boleh makan..

Segala persiapan sudah dilakukan, baik itu nyiapin menu, peralatan tempur dan juga mental. Sudah weling ke orang rumah kalo awal2 Aurell seminggu ini menunya buah dulu, makan di pagi hari saat perut kosong, dan menunya sama 2-3 hari berturut2, alasannya buah segar mengandung karbohidrat yang mudah dicerna yaitu gula buah. Kemudahan gula buah dicerna bayi mendekati ASI karena secara alami dilengkapi enzim pencerna. Oleh karena itu, buah digolongkan dalam predigested food atau semidigested food, yaitu makanan yang sudah separuh tercerna. Aku juga pake pake aturan 2-3 DR, alasannya pemberian/pengenalan 1 jenis makanan baru cukup 2-3 hari untuk tiap 1 jenis makanan baru. Selain untuk menghindari bosan, pengamatan ada tidaknya reaksi alergi (ruam kulit, muntah, diare) terhadap bahan makanan tertentu pada umumnya muncul dalam 24 jam (Wied Harry). Thx ya Pak Wied Harry buat pencerahannya, walau aku pake aliran FC hanya untuk seminggu ini :)


Untuk awal Mpasi, seminggu ini aku mau bikin puree buah : pisang, acovado dan pepaya.

3-4 November : Puree pisang
Pisang ambon dikerok, diambil dagingnya saja, tengahnya yang ada biji item2nya dibuang. Setelah dikerok lalu dihaluskan pake saringan kawat atau dibejek2 aja pake sendok.
Puree Pisang
Saat aku bawa mangkok dan sendok, Aurell udah girang banget tuh, waktu aku deketin sendok eh dianya udah mangap2, trus Aurell langsung hap..hap…lahap banget dan habis banyak, yeay.. *jingkrak2*

5-7 November : Puree avocado
Avocado dicuci bersih, lalu dibelah 2, ambil seperempat atau separo saja. Lalu dikerok dagingnya, kalo bisa jangan sampe daerah deket kulit yg warnanya ijo soalnya itu rada2 pahit. Setelah dikerok lalu dihaluskan pake saringan kawat, atau dibejek2 pake sendok. Bisa ditambahkan asip sampe kekentalan yang diinginkan.
Puree Avocado
Menu makanan kedua ini Aurell kurang suka. Ekspresinya aneh banget, cengar-cengir sambil mengernyitkan kening kayak orang mikir negara,ahaha…Makan kali ini tidak semulus menu sebelumnya. Mungkin karena rasa avocado tidak terlalu manis seperti pisang kali yak…padahal ni avocado enak bgt, yg mentega, jadinya gurih n yummy, tp sayang Aurellnya kurang doyan.

8-9 November : Puree pepaya
Buah pepaya dipotong menjadi 1 iris, lalu dipotong kecil2 (bentuk dadu), cuci bersih. Lalu disaring atau dibejek2 sampe halus. Bisa ditambah asip, tergantung selera baby.
Puree Pepaya
Aurell suka banget makanan yg manis, saat aku di dapur potong2 pepaya dianya nafsu banget tuh udah pengen nyaut aja..ya udah aku coba kasih potongan kecil ke dia, tp sepertinya dia belum mahir untuk BLW (Baby Led Weaning) finger food’nya diemut2, ehh hampir aja masuk mulut semua, untung aja langsung dikeluarin lagi, untung kagak keselek..belajar BLW suk aja deh, umur 7 atau 8 bulan kali yak..
Okay, setelah tau reaksinya terhadap pepaya, aku tambah semangat buah menghaluskan ntu buah. Setelah halus, suapan demi suapan lancar banget, tanpa perlawanan sedikitpun..anak pinter. :)

No comments:

Post a Comment